Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Berhubung suasana Valentine masih terasa, sepertinya seru kalau kita membahas makanan yang identik dengan tradisi tanggal 14 Februari ini. Coklat! Kalau kamu salah seorang penggemar berat coklat, mungkin kamu menyukainya karena rasanya yang manis dan entah kenapa membuatmu senang saat menyantapnya. Tahukah kamu apa alasannya? Di luar kandungan gula, lemak, dan kalori yang berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi, coklat terbukti memiliki sejumlah manfaat pada tubuh kita. Lalu, apa saja manfaat coklat bagi kesehatan?

Di bawah ini tertera beberapa manfaat coklat bagi kesehatan:

Manfaat Coklat bagi Kesehatan 229x300 Manfaat Coklat bagi Kesehatan

1. Coklat merupakan sumber energi yang berharga
Sekeping chocolate chip dikabarkan dapat memberi energi yang cukup untuk berjalan sejauh 46 meter.
2. Coklat membantu mengurangi depresi
Kandungan triptofan di dalam coklat membantu tubuh kita menciptakan serotonin. Serotonin adalah antidepresan asli produksi tubuh, sehingga coklat bisa dibilang berfungsi sebagai antidepresan alami.
3. Coklat mengandung anti oksidan berkualitas
Karena merupakan zat yang melindungi kita dari kanker dan penyakit jantung, anti oksidan menjadikan manfaat coklat bagi kesehatan sangat terasa.
4. Coklat mengandung magnesium dan zat besi dalam jumlah tinggi
Magnesium maupun zat besi sama-sama merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Fungsinya sangat banyak, seperti membantu dalam proses metabolisme, pencernaan, menjaga kestabilan emosi, daya ingat dan konsentrasi, serta produksi energi.
5. Coklat merupakan stimulan seksual yang ringan
Walaupun theobromine dan kandungan kimiawi lainnya di dalam coklat terbukti “hanya” menjadi stimulan yang ringan, banyak orang yang menyukai coklat sebagai zat perangsang gairah seks favorit. Tentu saja hal ini disebabkan oleh sensasi sensual dan kelezatan coklat yang tak perlu dipertanyakan.
6. Coklat meningkatkan aktivitas otak dan degup jantung
Manfaat coklat bagi kesehatan yang satu ini berasal dari saat melelehnya coklat di dalam mulut. Fungsi tersebut sama dengan yang ditawarkan oleh ciuman penuh gairah; hanya saja, coklat lebih unggul dengan tingkat manfaat yang lebih tinggi dan bertahan 4 kali lebih lama.
7. Coklat memperbaiki mood
Lebih dari 300 zat yang terkandung dalam coklat bekerja positif dalam mengontrol suasana hati. Tak heran kalau seseorang yang sedang emosional dan galau bisa mendadak tenang saat melahap coklat.
8. Coklat membantu mengatasi sindrom pra-menstruasi alias premenstrual syndrome (PMS)

Serba-serbi lain selain manfaat coklat bagi kesehatan adalah:

1. Kandungan kafein dalam coklat sama sekali jauh dibandingkan dengan kopi. Butuh lebih dari selusin coklat batangan untuk mengonsumsi jumlah kafein yang setara dengan segelas kopi.
2. Coklat menyebabkan jerawat? Itu mitos! Coklat terbukti tidak membantu pertumbuhan jerawat, kecuali susu yang terkandung di dalamnya. Lho, jadi sama saja, dong? Hehe. Beda, kok, kalau yang kamu konsumsi itu dark chocolate.
3. Zat theobromine yang cukup menambah manfaat coklat ternyata beracun bagi binatang rumahan, seperti anjing. Theobromine berdampak buruk bagi sistem saraf pusat dan otot jantung hewan. Jadi, jauhkan binatang peliharaanmu dari coklat!

Beberapa manfaat coklat bagi kesehatan di atas pastinya menjadi kabar gembira untuk para penyuka coklat. Tapi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena beberapa zat buruk di dalamnya akan memperburuk kondisi badan. Imbangi juga dengan konsumsi makanan lainnya, ya. (Gosip Terbaru)

Incoming search terms:

Related posts:

5 thoughts on “Manfaat Coklat bagi Kesehatan

  1. saya setuju dengan teori coklat sebagai sumber energy yang baik
    karena banyak pendaki gunung membawa makanan ini
    untuk mengisi energy saat mereka beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>