Konser AKB48 X JKT48 di J-Pop Culture Festival 2012

Konser AKB48 X JKT48 Balai Kartini 300x200 Konser AKB48 X JKT48 di J Pop Culture Festival 2012

Sabtu, 25 Februari 2012, menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu bagi para penggemar keluarga idol group 48, khususnya AKB48 dan JKT48, di Indonesia. Konser AKB48 x JKT48 digelar di Balai Kartini, Jakarta, sebagai bagian dari jadwal pembuka acara J-Pop Culture Festival 2012. Datangnya 16 anggota perwakilan AKB48 di Jakarta ini sekaligus melambangkan konsep pertukaran budaya antara 2 negara. Konser ini berlangsung seru dan cukup teratur tanpa gangguan yang cukup berarti. Seperti apa, sih, konsernya?

Rangkaian Acara Konser AKB48 X JKT48

Acara dimulai dengan sambutan dari bapak Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, dan ibu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu. Tentunya sambutan ini didasari atas misi pertukaran budaya Indonesia dan Jepang. Untuk mewakili konsep tersebut, sang presenter (Soraya) mengenakan pakaian berbahan batik yang didesain sebagai kimono. Konsernya sendiri dimulai dari sekitar jam 7 malam dengan lagu “Flying Get” dari AKB48.

Setelah menggebrak dengan “Flying Get” sebagai lagu pembuka, AKB48 membawakan lagu “Everyday, Kachuusa” dan “Iiwake Maybe”. Iring-iringan penonton berupa chant dan gerakan glow stick sangat suportif dan kompak; tak kalah bersemangat dengan tarian dan nyanyian para personil AKB48 yang begitu enerjik. Setelah itu, konser AKB48 X JKT48 dilanjutkan dengan perkenalan anggota AKB48 yang menarik dengan penggunaan bahasa campuran, mulai dari Jepang, Indonesia, sampai “Engrish”. Hehe.

Konser AKB48 X JKT48 Balai Kartini 2 300x200 Konser AKB48 X JKT48 di J Pop Culture Festival 2012

Sesi berikutnya menampilkan JKT48 dengan “Kimi no Koto Ga Suki Dakara” (terjemahan: “karena kusuka dirimu”), lagu sama yang juga mengalir di sepanjang iklan Laurier Go With Thin yang dibintangi anggota JKT48. Ini adalah penampilan perdana mereka membawakan lagu tersebut secara langsung, lengkap dengan tarian. Seperti yang diketahui, “Kimi no Koto Ga Suki Dakara” juga merupakan adaptasi versi Indonesia dari lagu dengan judul sama dari AKB48, seperti halnya “Heavy Rotation” dan “Aitakatta”. Setelah membawakan 1 lagu, masing-masing anggota JKT48 memperkenalkan diri dengan catchphrase khas mereka.

Setelah itu, keenambelas perwakilan AKB48 di konser AKB48 x JKT48 ini tampil berkelompok membawakan 5 buah lagu berturut-turut. Berikut urutannya:
- “Bird” (Takahashi Minami, Fujie Reina, Abe Maria)
- “Heart Gata Virus” (Sato Sumire, Yamauchi Suzuran, Oya Shizuka)
- “Kiseki Wa Maniawanai” (Miyazawa Sae, Nito Moeno, Kawae Irina)
- “Itoshisha Natasha” (Sashihara Rino, Katayama Haruka, Maeda Ami)
- “Himawari” (Nakagawa Haruka, Sato Amina, Masuda Yuka, Kojima Natsuki)

Perbincangan ringan antara AKB48 dan JKT48 di sesi selanjutnya dijembatani oleh 2 orang penerjemah. Di sini, masing-masing grup menyebutkan kebudayaan dan tempat andalan negara mereka. Kalau JKT48 Konser AKB48 X JKT48 Balai Kartini Talk 300x200 Konser AKB48 X JKT48 di J Pop Culture Festival 2012mengandalkan batik dan Taman Mini Indonesia Indah, AKB48 menjagokan kimono dan Akihabara, nama daerah di Jepang yang merupakan kawasan tempat teater dan toko resmi AKB48 berdiri. Takamina juga menyinggung soal bencana alam yang terjadi di Jepang pada tanggal 11 Maret 2011 lalu dan banyaknya bantuan yang diterima Jepang dari Indonesia. Kemudian, lagu “Kaze Wa Fuiteiru” yang mengambil tema sehubungan dengan peristiwa tersebut mereka bawakan di depan ribuan penonton di Balai Kartini.

Penampilan AKB48 dengan “River” mungkin menjadi salah satu momen yang paling disukai pada konser AKB48 X JKT48 ini. Lagu tersebut memang terbilang fenomenal karena menandai single pertama AKB48 yang berhasil menempati urutan nomor 1 di chart lagu Oricon dengan iramanya yang apik. Menyusul “River”, “Beginner” dan “Ponytail to Shushu” menjadi lagu terakhir yang dibawakan pada konser pertama AKB48 di Indonesia ini. Eh, lagu terakhir?

Encore Konser AKB48 X JKT48 di Balai Kartini

Tak lama setelah semua anggota AKB48 keluar dari panggung, salah seorang penonton yang sudah ditunjuk sebagai ‘pimpinan’ encore mengajak seluruh penonton lainnya memanggil AKB48 dengan seruan “AKB!” yang disambut “48!” oleh semuanya. Untuk Konser AKB48 X JKT48 Balai Kartini 3 300x200 Konser AKB48 X JKT48 di J Pop Culture Festival 2012beberapa menit, penonton meneriakkan seruan dengan kompak. Bahkan, sang pimpinan encore sempat berlari bersama beberapa rekannya menyisir lorong di antara bangku penonton umum dan VIP. Saat itulah JKT48 dan AKB48 muncul dengan kolaborasi mereka membawakan “Aitakatta”! Konser ditutup dengan “Heavy Rotation”, lagu andalan kedua grup bersaudara ini.

Konser berlangsung lancar dan sangat seru, terutama tampak lewat kekompakan penonton yang setia menyerukan chant. Jika ada sedikit protes untuk penyelenggaraan acara ini, hal tersebut datang dari kekecewaan penonton yang mendapat tiket (undangan) lewat jalur pembelian grup. Tiket seat B yang mereka dapat terletak jauh di belakang, sementara banyak penonton yang mendapat tiket gratis bisa menonton sangat dekat dengan panggung. Beberapa teman sampai membuat istilah “Bayar, Belakang, Bangkrut” untuk kekecewaan mereka pada posisi seat B ini. Hihi… Tapi, biar bagaimanapun, seluruh penonton dipastikan puas karena menjadi bagian dari supporter yang begitu heboh dan bersemangat untuk penampilan idola mereka yang total. Konser AKB48 X JKT48 di Jakarta kemarin terbilang sukses dan menjadi pengalaman berkesan bagi siapapun yang hadir! (Gosip Terbaru)

Sumber gambar

Incoming search terms:

Related posts:

6 thoughts on “Konser AKB48 X JKT48 di J-Pop Culture Festival 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>