Cara Diet Sehat yang Mudah bagi Remaja

Cara Diet Sehat Remaja 300x199 Cara Diet Sehat yang Mudah bagi Remaja

Remaja merupakan individu yang sibuk dan aktif. Pada umumnya, remaja tidak ingin disulitkan dengan cara diet yang sulit dan dipenuhi aturan yang ketat. Kebanyakan remaja bahkan tidak suka menjalankan diet sama sekali. Dengan angka obesitas pada anak kecil dan orang dewasa yang semakin meningkat, remaja berada pada posisi di mana mereka harus mulai mengatur diri sendiri, berolahraga, serta makan secara sehat. Cara diet sehat yang mudah ditambah aktivitas fisik yang menarik akan membuat diet dan penurunan berat remaja lebih sukses. Selain itu, kesehatan secara umum juga akan meningkat dibandingkan dengan memaksakan diet rumit yang melibatkan penghitungan kalori dan jumlah lemak yang dikonsumsi.

Beberapa Cara Diet Sehat yang Mudah Diterapkan

Diet tanpa Makanan Putih
Rencana diet yang melibatkan penghilangan gula dan pati dari menu diet sehari-hari ini sangat mudah diikuti. Pada dasarnya, kamu hanya perlu menghilangkan semua makanan berwarna putih dari dietmu. Artinya, dengan diet ini, kamu dilarang makan gula, roti putih, bakpau, nasi putih, pasta, keju putih, dan kentang. Remaja juga harus menghindari makan makanan cepat saji dan permen. Kamu dapat mengganti makanan putih ini dengan whole grain atau makanan alami. Diet ini akan menurunkan indeks glikemik, mengurangi keinginan makan yang berlebihan, dan memberikan energi tambahan. Remaja juga harus melakukan olahraga yang melibatkan kerja jantung setidaknya 30 menit per hari. Contoh olahraga yang menarik bagi remaja adalah bermain basket, skateboard, rollerskate, atau sekedar berjalan.

Diet Makanan Ringan 100 Kalori
Cara diet sehat lain yang mudah diikuti adalah diet makanan ringan 100 kalori. Rencana diet ini mungkin akan merugikan toko yang menjual makanan. Dewasa ini, ada banyak makanan ringan dengan berbagai rasa yang dikonsumsi remaja untuk pemenuhan kebutuhan energi harian mereka. Untuk pilihan makanan ringan yang sehat, seorang remaja dapat mengonsumsi granola bar atau yogurt sebagai sarapan, dilengkapi pisang dan apel. Untuk makan siang, kombinasi keripik kentang 100 kalori dengan makanan rendah lemak seperti sandwich kalkun atau roti whole wheat dapat menjadi pilihan yang baik. Lalu, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kalori 100 – 300 untuk makan malam. Contohnya adalah makanan pembuka rendah lemak dengan dua macam sayuran rebus. Makanan ringan dapat diganti dengan kombinasi cracker, cookies, atau cupcakes dengan total kalori 100. Olahraga selama 15 – 30 menit sehari, seperti bersepeda atau bermain rollerblade, dapat membantu membakar kalori berlebihan pada tubuh.

Diet Potong Setengah
Jenis diet alami ini mudah dimengerti dan diterapkan oleh remaja untuk mengontrol porsi makan mereka. Yang harus dilakukan lewat cara diet sehat ini hanyalah memotong setengah porsi makanan yang biasa dimakan. Contohnya, saat kamu makan cheeseburger, kentang goreng, dan soda; makanlah hanya setengah dari masing-masing jenis. Selain itu, jangan makan keju dan mayones dari burger tersebut. Gantilah kentang goreng dengan irisan apel, dan minumlah air putih sebagai pengganti soda. Hal yang sama berlaku bagi manisan: batasi untuk mengonsumsi satu jenis makanan ringan sehari, seperti semangkok popcorn atau permen batangan, dan makanlah hanya setengahnya. Dengan cara diet sehat ini plus kombinasi 30 menit olahraga sedang setiap hari, berat badanmu akan turun.

Jenis-Jenis Olahraga dalam Cara Diet Sehat

Olahraga di Sekolah
Ada 2 manfaat umum berolahraga:
- membantu menurunkan berat badan;
- membuat sibuk agar kesempatan untuk makan makanan ringan sambil menonton televisi sepulang sekolah menjadi lebih kecil.

Di luar itu, aktif secara fisik dapat meningkatkan rasa percaya diri remaja dan memberikan mereka perasaan diakui. Olahraga di sekolah yang populer untuk membakar lemak adalah bola kaki, bola voli, lari, dan softball. Cara ini sederhana dan menyenangkan.

Alternatif Olahraga Lain
Masih ada berbagai hal mudah lain yang dapat dilakukan remaja tanpa merepotkan seperti kebanyakan olahraga. Berenang, ski air, bermain rollerskate, kano, memancing, bersepeda, hiking, berkebun; kegiatan-kegiatan tersebut secara tak terduga dapat membakar kalori sekaligus menyenangkan bagi remaja. Seluruh kegiatan ini mendukung kegiatan lapangan yang memicu aktivitas fisik, sehingga sangat bermanfaat dalam menunjang rencana dan cara diet sehat yang dijalankan.

Ditulis oleh guest blogger dari website Belajar cara diet

(Gosip Terbaru)

Incoming search terms:

Related posts:

3 thoughts on “Cara Diet Sehat yang Mudah bagi Remaja

  1. Pingback: Kurangi Makan Nasi Putih = Sehat | RuangKabar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>